Jumat, 24 Oktober 2008

Proses Lahir Kembar Siam

Keadaan anak kembar dimana tubuh keduanya bersatu atau dempet dikenal sebagai kembar siam. Dempetnya bagian tubuh keduanya dapat terjadi di kepala, dada, tubuh bagian belakang, atau pada beberapa kasus kembar siam memiliki organ-organ vital seperti jantung yang ganjil. Kejadian kembar siam diperkirakan terjadi di antara 200.000 kelahiran. Kembar siam terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna. Peluang hidup bayi kembar siam berkisar antara 5% dan 25%. Munculnya kembar siam sebanyak 75% terjadi pada bayi perempuan. Fenomena kembar siam ternyata juga terjadi pada buah pisang. Adakah kesamaan antara kembar siam manusia dengan “kembar siam” pisang?

Istilah kembar siam berawal dari pasangan kembar siam terkenal Chang dan Eng Bunker (1811-1874) yang lahir di Siam (sekarang Thailand). Kasus kembar siam tertua yang tercatat adalah Mary dan Eliza Chulkhurst, terlahir pada tahun 1100-an di Inggris.

Banyak faktor ditengarai sebagai penyebab munculnya kasus kembar siam, selain tentunya faktor genetik, misalnya obat penyubur yang dikonsumsi dengan tujuan agar sel telur yang dihasilkan dapat matang secara sempurna. Alasannya, jika indung telur bisa memproduksi sel telur dan diberi obat penyubur, maka sel telur yang matang pada saat bersamaan bisa banyak, bahkan sampai lima dan enam.

Di Indonesia kejadian kembar siam pertama kali ditemukan di Riau pada tahun 1987 yang juga menjadi tonggak sejarah bagi dunia kedokteran Indonesia karena keduanya, Yuliana dan Yuliani, yang dempet di kepala ubun-ubun berhasil dipisahkan di tanah air. Menyusul setelah itu 12 kembar siam di Indonesia, namun tidak semuanya berakhir bahagia seperti Yuliana dan Yuliani. Banyak diantaranya yang harus berujung duka. Sebagian orang tua bayi kembar malah ada yang menghabiskan banyak biaya untuk mengoperasi anak-anak kesayangannya. Lantas bagaimana nasib buah pisang “yang terlahir kembar siam”

Tidak ada komentar: